0

Daftar Orang Terkaya Korsel Keluarga Samsung Merajai

SamaQQ Samsung berhasil membawa satu bapak dan tiga anaknya ke daftar orang terkaya di Korea Selatan. Mereka adalah keluarga Lee yang memiliki total kekayaan USD 25,9 miliar atau Rp 362.7 triliun (USD 1 = Rp 14.006).

Yang paling kaya adalah Lee Kun Hee (77) dengan kekayaan USD 16,8 miliar (Rp 235,3 triliun). Lee juga merupakan orang terkaya di Korsel, meski kekayaannya turun puluhan triliun dari tahun lalu.

Selanjutnya ada Lee Jae Yong (51) dengan kekayaan USD 6,1 miliar (Rp 85,4 triliun). Ia adalah putra Lee Kun Hee dan jabatannya saat ini adalah wakil pemimpin Samsung Electronics.

Walau sedang tersangkut masalah hukum karena kongkalikong dengan mantan Presiden Park Geun Hye, pria ini masih melenggang sebagai orang terkaya nomor enam di Korsel. Ia juga pemimpin de facto Samsung setelah bapaknya jatuh sakit akibat serangan jantung.

Dua putri trah Samsung yakni Lee Seo Hyun (48) dan Lee Boo Jin (45) juga berhasil menembus daftar orang terkaya di Korsel.

Lee Seo Hyun berada di peringkat 24 dengan kekayaan USD 1,48 miliar (Rp 20,7 triliun). Lulusan Parsons School of Design di New York ini fokus kepada Samsung Welfare Foundation yang dibangun bapaknya.

Ada pula Lee Boo Jin yang merupakan putri sulung keluarga ini. Dirinya menjabat sebagai penasihat bagi Samsung C&T. Tetapi, ia juga merupakan presiden dan Hotel Shilla yang berpengaruh di Korsel.

Mengingat kakak lelakinya yang terlilit kasus hukum, terdapat spekulasi bahwa Lee Boo Jin akan menjadi penerus Samsung yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *